Sabtu, 19 Januari 2013

Alasan Kostum Tandang Arsenal Berwarna Ungu

LONDON, KOMPAS.com - Warna kostum tandang Arsenal yang baru untuk musim 2012-13 berubah signifikan. Kostum baru ini tampak lebih unik dan mentereng dengan paduan belang-belang warna ungu tua dan hitam.

Arsenal memberi nama "Purple Reign" terhadap konsep kostum baru yang akan dipakai oleh Alex Oxlade-Chamberlain dan kawan-kawan ini. Namun, apakah alasan penggunaan warna ini?

Situs resmi klub mencatat bahwa warna ungu menonjolkan keagungan sehubungan acara besar yang dirayakan di seantero Inggris pada tahun ini. Tahun ini disebut Diamond Jubilee. Pada tahun ini, Ratu Elizabeth II genap 60 tahun memimpin Britania Raya.

"The Gunners" merasa penting untuk turut memberikan penghormatan kepada momen ini, terutama karena adanya kaitan sejarah antara klub dan kerajaan Inggris. Pada tahun 1890, Arsenal yang didirikan di pabrik amunisi di Woolwich, London Selatan kala itu akhirnya dinamakan Royal Arsenal.

Di ujung lengan kanan dan kiri kostum ini, melingkar garis berwarna merah untuk memberikan kesan kekhasan "merahnya" Arsenal. Sementara itu, di bagian dalam kerah, tertulis moto klub "Victoria Concordia Crescit" yang berarti "Victory Through Harmony".

Penghormatan kepada pelatih legendaris Arsenal, Herbert Chapman, juga tetap diabadikan dalam logo WM. Logo ini menggambarkan formasi yang pernah dipakai Arsenal pada era 1930-an.

Tak cukup hanya itu, kostum berwarna unik, cenderung agak feminin, juga akan dikenakan oleh kiper Arsenal, Wojciech Szczesny. Warnanya, pink alias merah muda.

Gelandang Arsenal, Alex Song, tak merasa keberatan menggunakan kostum berwarna ungu itu.

"Saya pikir desain baru ini sangat bagus, saya adalah pria yang suka fesyen dan ketika saya melihat warna ini, saya sangat bahagia. Kostum ini berbeda dengan kostum musim lalu dan saya sangat antusias untuk memakainya. Saya berencana melakukan sesuatu kepada rambut saya untuk menyesuaikan dengan kostum ini," ungkapnya.

Tak hanya warnanya saja yang unik dan mentereng. Nike, produsen kostum ini mengatakan bahwa kostum "Purple Reign" dibuat dari bahan daur ulang. Setidaknya 13 botol plastik digunakan untuk membuat setiap kostum lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar