Sabtu, 19 Januari 2013

Ronaldo: Segala Kritik adalah Bagian Kehidupanku


AFP PHOTO / OLIVIER MORIN
Bintang Real Madrid dari Portugal, Cristiano Ronaldo, melambaikan tangan saat tiba di panggung penghargaan FIFA Ballon dOr 2012 di Kongresshaus, Zurich, Senin (7/1/2013).
 - Bintang Real Madrid dari Portugal Cristiano Ronaldo adalah salah satu bintang sepak bola terbesar di kolong langit ini. Ia pun sadar, segala kritik adalah bagian dari kehidupannya saat ini.

Dalam rentang 2007 hingga 2011, nama Ronaldo selalu tercantum dalam tiga kandidat Pesepak Bola Terbaik Dunia. Ia sempat memenangi penghargaan itu pada 2008, ketika membawa Manchester United menjuarai Liga Champions dan Premier League.

Tahun ini, pria berusia 28 tahun itu harus mengakui keunggulan Lionel Messi, untuk kali keempat secara beruntun.

Tepat sebelum seremoni FIFA Ballon d'Or Gala Awards di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Senin (7/1/2013), FIFA berhasil mewawancarainya secara eksklusif. Berikut petikannya:

Cristiano, selama beberapa tahun terakhir ini, kamu selalu menjadi pilihan reguler untuk FIFA Ballon d'Or Gala. Apa yang kamu rasakan menjadi bagian elite persepakbolaan dunia sekali lagi?
Sangat bagus. Penghargaan luar biasa menjadi salah satu nomine dan itu membuatku bahagia. Semuanya membuktikan aku telah menjaga karierku dalam standar yang sangat tinggi dan itulah yang membuatku bahagia. Apa yang berubah dari yang pertama kalinya dinominasikan? Secara gamblang aku masih pribadi yang sama, sedikit punya tambahan pengalaman ketimbang beberapa tahun lalu, tetapi aku masih menjaga ambisiku pada tingkatan yang sama. Secara umum, aku masih orang dan pesepak bola yang sama.
Kamu bermain untuk MU dan sekarang untuk Real Madrid. Apa yang membedakan kedua klub itu?
Aku sudah memikirkannya, tekanannya kadang terlalu berat dan dapat memengaruhi kami. Tetapi, kami harus mencobanya, menjawab tantangan itu, dan jangan membiarkan apa yang dikatakan orang memengaruhi kami, khususnya dari media, karena Madrid bicara untuk pers setiap harinya.
Pada akhirnya, semuanya kembali kepada keputusan individual, apakah Anda akan membaca surat kabar atau tidak. Aku tak berpikir apa yang dikatakan media itu terlalu penting, jadi tak perlu terlalu mendramatisir sebuah isu.

Apakah kamu mengira penampilan tim (Madrid) yang inkonsiten pada awal musim Liga BBVA dipengaruhi oleh tekanan untuk klub itu?
Kami belum memulai kompetisi dengan baik, itu yang pasti. Kami tahu Liga BBVA seperti tanjakan curam bagi kami saat ini, tetapi tak ada yang tak mungkin di sepak bola. Kami akan terus bekerja keras, memenangi pertandingan, dan baru melihat apa yang terjadi. Tentunya, masih ada Liga Champions dan Copa Del Rey. Masih banyak gelar juara yang bisa kami menangi.
Berdasarkan hal itu, apakah memenangi Liga Champions adalah target utama Madrid kali ini?
Ya, tentu saja. Setiap Madridista menginginkan trofi ke-10 Liga Champions, kami sangat memahami hal itu. Musim lalu, kami kalah tipis dan itu membuat frustrasi. Untungnya, kami berpeluang memperbaiki rekor itu musim ini, meski menghadapi Manchester United mempersulit realisasi ambisi kami. Semuanya tak akan mudah dan menurutku peluangnya 50-50, namun aku masih tetap percaya diri (dapat menang atas MU).
Kalau Madrid menemukan bentuk permainannya kembali, apakah kamu berpikir mereka akan menjadi favorit untuk terus melaju (di Liga Champions)?
Tak ada yang yang tak bisa dikalahkan, tetapi ketika kami dalam bentuk permainan terbaik, kami benar-benar tim yang solid. MU telah mengawali kompetisi Inggris dengan sangat baik dan berada jauh di depan tim lainnya, namun jika kami dapat bermain sesuai kemampuan sebenarnya, kami dapat mengalahkan mereka. Untuk itu, kami harus berjuang bersama dan bermain layaknya sebuah tim, seperti yang telah kami lakukan sebelumnya.
Performa Madrid di liga membuat banyak protes yang dialamatkan kepada Pelatih Jose Mourinho dan beberapa bagian suporter di Bernabeu mulai tak percaya lagi. Apa pendapatmu?
Orang-orang memang melakukan protes dan Anda harus menghormatinya, meski aku berpikir mereka sudah seharusnya bersabar dengannya (Mourinho).
Buatku, jelas Mourinho selalu menginginkan yang terbaik bagi kub dan akan berjuang hingga titik darah penghabisan untuk mewujudkannya. Semua yang bekerja di sampingnya pasti tahu hal itu, tetapi Anda tetap saja harus menaruh respek terhadap opini para fans. Menurutku, ia pelatih terbaik dunia, banyak berpengalaman, dan telah memenangi semua trofi yang memang sudah seharusnya dimenanginya.

Juga ada beberapa penonton yang melihat ada masalah dalam dirimu. Mengapa kamu berpikir membuat kontroversi di sekitarmu?
Aku tak tahu. Aku tak bisa menjawab pertanyaan itu dengan jelas, karena kadang aku menanyakannya kepada diriku sendiri. Orang yang memahamiku dan beberapa pemain yang berlaga bersamaku tahu diriku yang sebenarnya. Mereka yang tak tahu tentang diriku bisa saja berkomentar dan berpikir apa saja yang diinginkannya.
Aku dapat menghormati orang yang mengkritikku, karena aku tahu mereka salah menilai diriku. Anda hanya harus membiasakannya, karena segala kritik adalah bagian dari kehidupan para pesepak bola, juga faktanya untuk semua orang.

Beberapa berita sempat muncul bahwa kamu akan berpindah klub. Apakah itu adalah sebuah kemungkinan di masa depan nanti?
Aku ingin menghabiskan kontralli bersama Madrid. Aku sudah memperjelas hal itu. Setelahnya, well, aku tak tahu apa yang akan terjadi pada masa mendatang.
Menurut pendapatmu pribadi, mengapa kamu berpikir sudah meraih kesuksesan dalam kariermu saat ini?
Semuanya tergantung pribadi masing-masing dan faktanya aku bekerja keras untuk mencapai segala tujuanku. Anda harus rendah hati untuk mengetahui kekurangan Anda dalam sebuah pertandingan dan bekerja keras memperbaikinya.
Selama karier, aku selalu berusaha untuk belajar, berubah menjadi lebih baik, dan memenangi berbagai trofi. Aku sangat ambisius, aku selalu ingin menang, dan aku akan tetap seperti itu hingga saat nanti menggantungkan sepatu.

Apalagi, kamu juga punya beberapa kejadian penting di luar lapangan, seperti saat anak lelakimu lahir, bukan?
Itu momen terbaik seumur hidupku, sebuah hal yang membanggakan. Anakku membuatku senang dan hidupku lebih lengkap.
Apakah kamu ingin anakmu menjadi pesepak bola suatu saat nanti?
Ia akan melakukan apa yang disukainya. Tentu saja, itu yang aku inginkan dan aku ingin mengajarkan beberapa hal tentang sepak bola, tetapi apa yang dilakukannya adalah keputusannya sendiri dan aku akan mendukung apapun keputusannya.
Hal-hal apa yang sering kamu kerjakan di luar sepak bola?
Aku biasa mengerjakan sesuatu yang tak dapat aku lakukan ketika bekerja, seperti menghabiskan waktu bersama keluargaku, melancong, jalan-jalan, melihat pertandingan basket, tenis, dan menghabiskan waktu bersama anak lelakiku. Begitu aku melangkah keluar dari lapangan, aku pasti meminggirkan hal-hal yang berbau sepak bola. Di luar lapangan aku hanya manusia biasa.
Apakah popularitas kadang terlalu berlebihan buatmu? Apakah kamu pernah merindukan jadi orang biasa?
Jadi pesepak bola adalah sesuatu yang bagus dan aspek lainnya memang tak baik. Anda akan kehilangan kehidupan normal dan dalam beberapa situasi akan menyadari Anda begitu terkenal. Tetapi, ini profesi yang telah kupilih dengan segala bagiannya. Aku tak menyesal sedikit pun dengan pilihanku itu.Terakhir, apakah kamu bahagia dengan titik kariermu saat ini?
Sejujurnya, iya. Aku mengerjakan apa yang aku sukai, sesuatu yang aku nikmati. Aku begitu beruntung dan merasa hidupku telah sangat terpenuhi.
Aku mengerjakan apa yang aku sukai, sesuatu yang aku nikmati. Aku begitu beruntung dan merasa hidupku telah sangat terpenuhi.
-- Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar